Diagram merupakan suatu representasi simbolis informasi
dalam bentuk geometri dua dimensi sesuai teknik visualisasi. Kadang teknik yang
dipakai memanfaatkan visualisasi tiga dimensi yang kemudian diproyeksikan ke
permukann dua dimensi. Kata grafik biasa dipakai sebagai sinonim dari kata
diagram. Pada buku ini menjelaskan mengenai Table Chart, WordTree dan TreeMap.
Untuk mencapai sasaran ini, Penulis menggunakan contoh yang menjelaskan
langkah-langkah matematis dasar dari teknik pemodelan dan pemecahannya secara
terperinci.
Table Chart menjelaskan mengenai jenis diagram yang
digunakan untuk menunjukkan hal-hal yang biasanya tertera pada suatu diagram,
seperti banyaknya suatu barang atau benda dan lain-lain. Sementara WordTree
digunakan untuk melihat diagram dengan cara yang berbeda yaitu dengan bentuk
seperti pohon berurut, yang dapat diurutkan dari yang tingkatannya paling
rendah hinggah paling tinggi atau sebaliknya, kemudian TreeMap menjelaskan
mengenai suatu hal-hal yang terjadi tetapi dalam suatu bentuk map atau peta
yang terbentuk dari persegi-persegi yang tiap perseginya memiliki warna dan
tujuan masing-masing.
Kemudian pada buku ini dijelaskan mengenai teori konsep
visualisasi mengenai perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan Table
Chart, WordTree dan TreeMap. disni perangkat lunak yang digunakan adalah
Spacesniffer, Edraw Soft dan ,perangkat lunak ini mempunyai fungsi dan tugasnya
masing-masing. Spacesniffer adalah software freeware yang memungkinkan untuk
memahami bagaimana folder dan file yang terstruktur pada disk. Dengan
menggunakan layout visualisasi TreeMap, kita bisa memiliki persepsi langsung di
mana folder file besar dan ditempatkan pada perangkat yang digunakan.
SpaceSniffer memiliki dukungan drag dan drop, tata letak struktur intuitif,
fitur zoom, penyaringan yang kuat dan tumpukan pilihan disesuaikan. Sementara
Edraw Soft adalah software freeware yang memungkinkan untuk membuat sebuah
wordtree dari table yang kita buat terlebih dahulu, dengan bantuan software ini
kita akan jauh lebih mudah dalam membuat sebuah wordtree.
Tujuan utama penulis dalam buku ini adalah memudahkan buku
ini untuk dibaca, sehingga penulis menggunakan teknik-teknik pemodelan yang
disajikan dalam setiap bab dijelaskan dengan contoh-contoh langsung yang
menghindari penjelasan yang rumit. Contoh-contoh disusun langkah demi langkah
sehingga dapat diterapkan oleh mahasiswa pada permasalah diakhir setiap bab.
Sebisa mungkin, Penulis berusahan menghidari notasi kata dan rumus matematis
yang kompleks. Penulis berharap agar beragam faktor tersebut dapat dalam
membuat materi yang disajikan menjadi lebih menarik.
Tujuan dari penyusunan buku ini adalah untuk memastikan buku
dapat tersusun dengan rapih, mengikuti alur logika dari setiap topik yang ada,
bab keduai pada buku ini menjelaskan mengenai teori dan konsep dari pembahasan
materi pada buku ini yaitu Table Chart, WordTree dan TreeMap. Kemudian bab
ketiga menjelaskan mengenai perangkat lunak yang berkaitan dengan ketiga
materi. Pada bab 4 dan 5 berurutan menjelaskan mengenai contoh kasus pada Table
Chart, WordTree,TreeMap dan penutup dari buku ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar